Pilih Laman

Outbound Training merupakan salah satu metode pelatihan sumber daya manusia yang mempunyai nilai tersendiri. Peminatnya pun banyak, baik keluarga, kelompok maupun perusahaan. Pasalnya kegiatan outbound training memberikan manfaat yang lebih dari pada sekadar berwisata yang hanya berorientasi pada kepuasaan semata.

Mengingat makin menjamurnya penyelenggara dan provider outbound saat ini, tidak ada salahnya Anda perlu hati-hati dan harus pandai memilih outbound provider yang reputasinya bagus, memiliki standar keamanan tinggi dan instruktur yang qualified. Selain itu lokasi outbound yang tepat akan mendukung kesuksesan sebuah kegiatan outbound.

Ada beberapa panduan agar Anda mendapatkan semua itu, yaitu dengan tips sebagai berikut :

  1. Kumpulkan dulu informasi provider-provider dengan latar belakang usaha yang jelas, dan pilihlah provider yang sudah dalam bentuk perusahaan bukan perseorangan.
  2. Cek kembali apakah provider outbound tersebut memiliki kelengkapan Legalitas Perusaahan atau tidak. Kelengkapan yang dimaksudkan adalah ( SIUP, TDP, NPWP, Akte Notaris dan yang terpenting Laporan Pajak setiap bulannya)
  3. Tentukan output/hasil yang akan dicapai sebelum melakukan kegiatan outbound, ini akan menjadi acuan dalam memilih provider dengan selektif. Banyak juga provider yang belum mengerti sepenuhnya hakekat outbound itu sendiri sehingga menyesatkan karena tidak sinkronnya antara output dengan desain program yang mereka berikan.
  4. Jangan langsung percaya dengan paket-paket dan lokasi menarik yang ditawarkan, minta presentasikan dulu mengenai paket-paket yang ditawarkan langsung dari management outbound dan untuk lokasi akan lebih baik melakukan survey langsung. Perlu dipertimbangkan juga bahwa provider yang memilki lokasi sendiri/ permanent belum tentu lebih baik.
  5. Hindari pemesanan paket via email tanpa adanya presentasi dari provider. Banyak EO (Event Organizer Outbound) jualan produk sejenis padahal mereka tidak mengerti sama sekali tentang outbound, ujung-ujungnya mereka melempar order ke provider sebenarnya. Untuk hal yang satu ini Anda disarankan untuk super hati-hati karena EO lebih lihai dalam memasarkan produknya.
  6. Provider outbound yang reputasinya bagus pasti memiliki seorang trainer dan yang mendesign program-program outbound khusus untuk perusahaan. Jangan lupa Anda menanyakan hal itu untuk memastikan mereka akan memberikan yang terbaik untuk Anda. Kalau bisa Anda minta bertemu untuk konsultasi langsung mengenai output/hasil yang Anda harapkan.
  7. Minta penjelasan secara detil mengenai safety procedure (standar kemanan) yang disiapkan management outbound setempat, penerapan zero accident (resiko sekecil mungkin) adalah yang terbaik. Tanyakan pula mengenai asuransi untuk berjaga-jaga kalau-kalau terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan.
  8. Atau yang terakhir adalah masalah harga. Telitilah dahulu fasilitas apa saja yang mereka berikan dalam paket, terkadang harga yang mereka tawarkan tidak masuk akal. Untuk provider yang memiliki lokasi sendiri biasanya akan lebih murah karena mereka tidak menyewa tempat lagi dan ongkos operasional bisa ditekan. Mintalah discount khusus kepada management outbound apabila peserta melebihi target.
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat